Gadget

Review Coolpad Fancy 3 Dengan Kamera Depan 8MP Menantang Segmen Selfie

Coolpad menjadi di antara vendor Tiongkok yang diakhir tahun lalu, mengupayakan peruntungan di segmen selfie. Mengusung seri Fancy 3, Coolpad mencoba berlomba dengan kompatriotnya laksana Oppo dan Vivo.

Dalam suatu penelusuran, semua pedagang tidak sedikit memprediksi tahun 2017 nanti, bakal terjadi “perang” tersingkap antara sesama pabrikan ponsel Tiongkok. Tidak sebatas merilis produk baru, ponsel yang dijual pabrikan Tiongkok tersebut, tidak cukup lebih muncul dengan teknologi, serta mengincar segmen pasar yang sama.

Salah satu sektor yang dibidik para pabrikan Tiongkok tersebut, ialah segmen smartphone selfie. Coolpad Fancy 3 ketika ini menjadi di antara produk selfie produksi pabrikan Tiongkok. Coolpad Fancy 3 dijamin akan head to head langsung dengan produk serupa produksi Oppo dan Vivo, yang nota bene pun berasal dari Tiongkok.

Untuk berlomba di ranah selfie, pabrikan asal Negeri Tirai Bambu ini telah dipersenjatai kamera depan 8MP, plus sokongan lampu flash guna keperluan potret di situasi kurang cahaya. Di samping kamera selfie 8MP, ponsel ini pun didukung kamera belakang 8MP. Agar hasil potret lebih maksimal, Fancy 3 telah dibekali sekian banyak menu penyokong standar.

Imaging khususnya selfie memang menjadi menu tumpuan Fancy 3, melulu saja produk ini pun tidak luput dari sekian banyak fitur yang lumayan “kekinian”. Salah satunya kemudahan yang mengekor tren ketika ini, yakni eksistensi sensor sidik jari yang tertanam di bodi unsur belakang.

Dari segi koneksi, Coolpad mengklaim Fancy 3 dapat mengakses jaringan 4G. Coolpad sendiri informasinya sudah merakit produk itu di Indonesia, yang dengan kata lain sudah mengisi aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) guna produk 4G. Sayang, unit yang diterima redaksi ternyata masih 3G.

Coolpad Fancy 3 sendiri juga muncul dengan membawa fitur dual-SIM berukuran Micro-SIM yang dapat digiatkan secara bersamaan. Dari sektor hardware, dapur balap Fancy 3 dikomandoi prosesor Quad core 1GHz dengan chipset MediaTek MT6735CP, RAM 2 GB, GPU ARM Mali 450, dan ROM 16 GB. Ponsel ini memakai baterai berkapasitas 2500 mAh.

Desain
Fancy mencoba muncul kepermukaan dengan konsep desain yang cantik dan elegan, layaknya artis Maudy Ayunda yang kebetulan didapuk sebagai brand ambasadornya. Bodinya dikemas mengguna materil metal dengan sentuhan list silver yang mengelilingi unsur sisinya. Ponsel ini sendiri mengangkat konsep unibody.

Saat digenggam, terasa andai ponsel ini mempunyai ukuran bodi yang kompak Secara borongan Fancy 3 mempunyai total dimensi 151.2 x 74.7 x 7.5 mm dengan mutu 168 gram. Bada unsur sisinya terdapat sejumlah port serta slot penyokong standar. Ornamen list horizontal di bodi belakang Fancy 3, sepintas menciptakan tampilan jagoan Coolpad ini serupa iPhone.

Cover bodi belakang memakai material doff, sampai-sampai kesat ketika digenggam. Di sektor belakang, ada lensa kamera yang bersanding dengan lampu flash, sensor sidik jari plus corong speaker di unsur bawah. Secara umum dari sisi desain, tampilan Fancy terbilang lumayan elegan.

Layar
Komposisi eksterior semakin pas dengan ditenggelamkan layar IPS 5 inci beresolusi HD. Layarnya didesain 2.5D curved glass, sampai-sampai bentuknya tidak banyak melengkung di unsur sisinya. Ketika dieksplor layar Fancy 3 terbilang baik, melulu dengan tidak banyak sentuan, display jagoan Coopad tersebut sudah merespon.

Tampilan antar muka Fancy 3 mengadopsi CoolUI 8.0. Walau tampak sederhana, tampilannya tetap enak di anggap mata. CoolUI 8.0 dapat memberikan empiris yang lebih baik, ketika Selular mengulik Fancy 3 lebih jauh. UI tersebut pun memberikan sejumlah fitur unik yang lumayan fungsional, laksana pusat kontrol yang baru, tiga jari guna screen shot, dan tidak sedikit fitur cerdas lainnya.

Menu Selfie
Jika merujuk perlengkapan selfi yang tertanam di Fancy 3, mesti dinyatakan ukuran lensa kamera depan jagoan Coolpad, kalah jauh dengan sejumlah pesaingnya laksana Oppo dan Vivo. Sebagai gambaran, kamera selfie Vivo seri V5, sudah memakai lensa 20MP, sedangkan Coolpad melulu mentok di 8MP.

Tidak dapat dipungkiri kamera selfie Fancy 3 memang tidak terlampau besar, tetapi dengan teknologi yang diusung, performa potret selfie ponsel ini pantas uji. Dari hasil ekspolrasi, terdapat 3 komponen urgen yang membuat, Fancy 3 dianggap dapat menghasilkan potret selfie berkualitas.

Pertama ponsel ini dibekali kamera depan 8MP dengan bukaan lensa f/2.2. Sensornya sendiri mempunyai angle seluas 80.1 derajat yang dapat merangkum lebih tidak sedikit orang guna selfie. Selanjutnya, hal pencahayaan didukung oleh lampu flash LED di kamera depan, sesuai untuk mengerjakan selfie walaupun di lingkungan yang redup.

Ketiga kamera selfie Fancy 3, dapat menangkap gambar dengan cepat. Berdasarkan hasil ujicoba, ketiga komponen tadi bekerja dengan baik dalam menghasikan potret selfie yang lumayan memuaskan.

Menu lainnya
Coolpad Fancy 3 bekerja dengan platform Android 6.0, serta dianggap sudah dapat mengakses jaringan 4G. Tersedia pun sensor sidik jari yang tertanam di bodi belakang. Di samping menjadi kemudahan keamanan, sensor sidik jari juga bermanfaat sebagai quick capture, one-key dial, dan bisa membuka software dalam sekejap.

Dari hasil uji coba, penempatan sensor sidik jari yang berada tepat di bawah kamera belakang, terbilang paling fungsional. Dengan posisi sensor sidik jari yang terdapat di bodi belakang, tidak bakal adalagi kisah foto selfie berantak, lantaran konsumen kendala menekan tombol capture. Bagi fitur lainnya, dapat dikatakan tidak bertolak belakang jauh dengan produk Android kebanyakan.