Gadget

Review Handphone Vivo V5 Lite Dengan Versi RIngan dan Menawan

Vivo terus mengindikasikan keagresifannya di pasar smartphone Indonesia tahun ini. Setelah mengenalkan dua smartphone jagoannya, yakni Vivo V5 dan V5 Plus, vendor asal Tiongkok ini pulang ‘melempar’ smartphone terbarunya. Kali ini giliran Vivo V5 yang tampil keluar.

Namun bertolak belakang dengan dua smartphone ‘saudaranya’, Vivo V5 Lite yang satu ini lebih menyasar ke pemakai pemula. Lantaran spesifikasinya yang diturunkan dari seri sebelumnya. Ini sebetulnya kentara dari penamaan seri ini yang memakai kata ‘Lite’, yang mengisyaratkan spesifikasi yang diangkut lebih ‘ringan’.

Meskipun begitu secara borongan Vivo V5 Lite masih membawa pesona yang lumayan tinggi. Pertama kali terlihat pada tampilan desainnya yang tampak elegan. Terutama pada unsur bodi belakang dan samping yang dibungkus warna rose pink berkontur dove. Belum lagi sisi sekeliling samping yang dihiasi dengan list berwarna gold chrome meningkatkan keren tampilan luar smartphone ini.

Belum lagi ukuran bodinya yang terbilan lumayan tipis dan ergonomis. Meski agak disayangkan mutu smartphone ini terasa agak berat. Dimensi bodinya pun terasa lebar ketika digenggam. Ini pengaruh dari ukuran layar sentuhnya yang memang luas, yakni 5,5 inchi.

Sama dengan Vivo V5 dan V5 Plus, desain V5 Lite masih mengangkat unibodi. Yang berarti baterai menyatu dengan bodi sampai-sampai bagian belakang smartphone tidak dapat dilepas. Itulah kenapa dua slot simcard dan satu kenangan eksternal ditaruh di bodi luar.

Camera Selfie

Sama laksana dua seri sebelumnya (V5 dan V5 Plus), V5 Lite masih menjadi smartphone jagoan Vivo dengan kelebihan kamera selfie. Ini tampak dari resolusi kamera selfie-nya 16 megapiksel, yang lebih besar dikomparasikan kamera belakang yang 13 megapiksel

Kamera selfie di Vivo V5 Lite pun dilengkapi dengan sejumlah fitur tambahan. Seperti Face Beauty, yang kegunaannya pasti telah tahu, yakni memperbagus tampilan muka supaya hasil fotonya lebih kece. Beberapa kemudahan yang disediakan guna mengedit tampilan muka laksana Buffing, Skin Tone dan Whitening.

Ada pun fitur HDR supaya foto tampak jelas walau dalam situasi backlight. Atau andai kondisi tempat pengambilan potret minim cahaya, telah disediakan lampu flash pada kamera selfie. Bagi mulai memotret juga disediakan tiga teknik shot, yakni Touch (menekan tombol shot), Voice (perintah suara) dan Palm (lambaian tangan). Kamera selfie ini juga dapat merekam video sampai resolusi Full HD 1080p.

Kamera Belakang

Meski mengunggulkan kamera depan, tetapi Vivo V5 Plus tidak begitu saja melupakan kamera belakang. Bahkan dapat dikatakan kamera belakang masih menjadi fitur yang pun diandalkan. Kamera belakanga pada Vivo V5 Lite diberi kekuatan resolusi sebesar 13 megapiksel. Resolusi sama dengan yang dipunyai Vivo V5.

Sama dengan kamera selfie-nya, guna kamera belakang pun dilengkapi dengan fitur Face Beauty. Tidak melulu itu, pun ada sejumlah fitur penyokong kamera lainnya. Seperti Panorama, Night, Ultra HD, PPT, Profesional, Slow, Time Lapse.

Sama dengan kamera selfie, kamera di sisi belakang pun dibekali dengan lampu flash yang menolong saat situasi kurang cahaya. Soal keterampilan merekam video , kamera belakang mempunyai kekuatan yang sama, yaitu dapat merekam sampai resolusi Full HD 1080p.

Kinerja

Kinerja smartphone ini disokong prosesor octa-core serta sokongan RAM berkapasitas 3 GB. Juga terdapat sistem manajemen Smart Engine generasi baru yang dipadukan dengan Funtouch OS 3.0 teranyar (berbasis Android 6.0) yang menyerahkan kinerja yang lancar.

Untuk ruang penyimpanan, disediakan kenangan internal 32 GB. Kapasitas ini sama dengan kenangan internal pada Vivo V5. Jika masih dirasa kurang, disediakan slot microSD yang dapat membaca sampai kapasitas 3 GB. Slot Micro SD ini menjadi satu dengan slot simcard 2.

Untuk daya tahan hidupnya, Vivo V5 Lite dibekali baterai berkapasitas 3.000 mAH. Kapasitas ini sama besarnya dengan kapasitas pada baterai Vivo V5. Kapasitas baterai sebesar ini terbilang lumayan untuk menjalakan berbagai kegiatan di smartphone ini tidak cukup lebih sekitar seharian.

Theme Unik

Ada yang tampak sangat bertolak belakang dari Vivo V5 Lite dikomparasikan dua seri ‘saudaranya’ Vivo V5 dan V5 Plus. Bahkan juga bertolak belakang dengan smartphone Android kebanyakan. Perbedaan yang dimaksud yakni tampilan user interface (UI)-nya.

Pertama kali menggiatkan smartphone ini, tidak lagi terlihat barisan ikon-ikon menu berbentuk kotak yang berjajar rapih. Tetapi berupa tampilan gambar grafis yang memperlihatkan desain ruangan di dalam lokasi tinggal berikut dengan sekian banyak ornamennya. Nah ornamen-ornamen ini lah yang mewakili ikon-ikon menu. Misalnya terdapat gambar TV yang mewakili menu Video Player. Ada pula gambar gitar yang adalahmenu Music Player. Dan sekian banyak ornament lainnya.

Tapi tersebut adalahsalah satu opsi Theme yang disediakan, yang mempunyai nama My Home. Pengguna juga dapat merubah ke tampilan theme dengan barisan ikon menu laksana layaknya smartphone Android pada umumnya.

SPESIFIKASI :

DIMENSION : 153.8 x 75.5 x 7.6 mm

WEIGHT : 155 gram;

FREQUENCY : 850/900/1800/1900, 3G/HSDPA/4G/LTE

PROSESOR : Octa-core

RAM : 4 GB

LAYAR : 5.5 inchi 720 x 1280 pixels, IPS

MEMORI : 32 GB, Micro SD 256 GB

Kamera : 13 MP, kamera sekunder 16 Mpix

BATTERY : 3.000 MAH

OS : Android v 6.0 Marshmallow

Kesimpulan: Smartphone yang telah support akses 4G LTE ini menjadi opsi lain untuk yang hendak memberli smartphone Vivo. Namun seri Vivo V5 Lite sengaja menyasar segmen di bawah dua seri sebelumnya (Vivo V5 dan V5 Plus). Makanya sejumlah fiturnya mempunyai kekuatan yang lebih rendah. Seperti RAM nya yang 3 GB, fitur fingerprint scanner yang dihilangkan serta kamera depan yang sekarang 16 megapiksel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *