Gadget

Review Samsung Galaxy S8 Dengan Tawaran Desain dan Fitur Berbeda

Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus kesudahannya resmi terdapat di Indonesia. Hadir sebagai produk flagship, Samsung memasarkan kedua smartphone ini dengan harga lumayan mahal. Samsung Galaxy S8 dipasarkan seharga Rp 10,5 juta, sedangkan Galaxy S8 Plus dibanderol Rp 12 juta. Sederet fitur teranyar pun telah disiapkan. Apa saja ? Simak review Hands On sebagai berikut :

Desain

Mulai dari desain, kedua seri S8 ini telah terlihat perubahannya dikomparasikan dengan seri smartphone Samsung sebelumnya. S8 dan S8 Plus mengangkat desain Infinity Display. Yaitu sisi layar yang tampil lebih luas hingga melulu menyiapkan tidak banyak bagian bazel bodi di sisi atas dan bawah layar. Perbedaan lainnya yakni desain layar sentuhnya yang sekarang melengkung di kedua sisi samping kanan dan Kiri. Bagi ukuran luasnya, layar Galaxy S8 berukuran 5,8 inchi sementara S8+ berukuran 6.2 inchi.

Kedua smartphone ini pun tak lagi mempunyai tombol jasmani Home yang sebelumnya terdapat di bawah layar. Samsung menggantinya dengan tombol virtual yang masuk ke dalam unsur layar. Sedangkan pemindai sidik jari yang seringkali jadi satu dengan tombol Home, dipindah ke unsur punggung di sebelah lensa kamera. Bodi S8 dan S8+ telah mengantongi sertifikasi IP68 sampai-sampai tahan terhadap air.

Kedua smartphone ini sudah mengangkat desain unibodi, yang berarti baterai menyatu dengan bodi. Bodinya sendiri tampak mewah, dengan berlapis bahan glossy kaca di sisi depan dan belakang. Sementara itu, di unsur pinggir atau rangkanya berbahankan metal.

Di unsur bawah bodi dicantumkan lebang earphone 3,5 mm, kemudian di sebelahnya terdapat port USB type C dan sederet pun dengan speaker. Di sisi samping kanan terdapat tombol power, sementara di samping kiri terdapat tombol volume dan tombol Bixby (fitur baru Samsung).

Kamera

Beralih ke fitur kamera, kedua smartphone ini dilengkapi kamera belakang berresolusi 12 Mpix plus LED flash dengan bukaan lensa f/1.7. Kamera depannya pun mempunyai bukaan lensa yang sama, tetapi resolusinya 8 Mpix. Kamera depannya pun dilengkapi dengan teknologi Face Autofocus.

Yang agak bertolak belakang dari fitur kamera di smartphone ini, yakni untuk mengerjakan zoom in dan zoom out lumayan dilakukan dengan mengurangi tombol virtual Shoot di layar, kemudian geser ke kanan atau kiri. Ada pun fitur gambar efek yang dapat ditambahkan ke tampilan foto, tidak melulu itu bahkan gambar efek tersebut dapat ditambahkan ketika merekam video, serupa yang terdapat di Snapchat.

Tidak ketinggalan sekian banyak fitur ‘poles wajah’ pun disediakan pada kamera selfie. Termasuk pun ada fitur efek potret bokeh, di mana kita dapat memilih unsur mana yang focus dan unsur mana yang blur. Ada pun fitur Wide Selfie, yaitu guna mendapatkan potret selfie lebih lebar dengan teknik menggerakkan kamera ke kanan dan kirim, serupa dengan potret panorama.

Fitur baru

Fitur baru beda yang dihadirkan, yakni teknologi asisten digital Bixby. Teknologi berbasis kecerdasan produksi (AI) ini dapat menyajikan informasi dari potret yang tertangkap oleh kamera. Caranya tinggal menunjukkan viewfinder kamera ke gambar tertentu, kemudian tekan tombol Bixby di pojok kiri bawah, selanjutnya akan ditimbulkan informasi seputar gambar tersebut.

Selain tersebut juga terdapat fitur pemindai iris mata dan pengenal wajah guna keamanan, melengkapi fitur pemindai sidik jari. Selain guna membuka kunci Galaxy S8 dan S8+, pemindai iris juga dapat digunakan untuk menyelamatkan file yang ditabung di dalam perangkat. Fungsi yang sama pun berlaku pada fitur Pengenal Wajah.

Ada pun fitur baru Samsung Dex, yang memungkinkan mengintegrasikan smartphone ini dengan perlengkapan desktop computer. Caranya dengan pertolongan perangkat Dex untuk menempatkan smartphone di situ. Dex dapat dicolokkan ke layar monitor, lantas pemakai bermukim memasukkan Galaxy S8 ke Dex guna mengubahnya menjadi komputer.

Samsung pun membawa fitur Samsung Pay. Galaxy S8 telah dibekali dengan NFC dan Magnetic Secure Transmission (MST) yang dimanfaatkan galaxy S8 dan S8+ dapat sebagai “dompet” digital Samsung Pay. Pengguna dapat menyimpan duit di Galaxy S8 atau S8+ dan memakai perangkat itu sebagai perangkat pembayaran.

Di paket penjualan, Samsung pun menjanjikan sekian banyak aksesori tambahan. Beberapa yang telah tersedia laksana kamera Gear 360 2017 dan earphone produksi JBL.

Kinerja

Untuk onderdil dalamnya, Galaxy S8 dan S8+ ditenagai prosesor Exynos 8895 yang diciptakan dengan teknologi fabrikasi 10 nm. Kinerjanya pun didukung RAM 4 GB. Sedangkan guna media penyimpanan internal disediakan sebesar 64 GB. Dan guna daya tahan hidupnya dibekali baterai berkapasitas 3.000 mAh guna Galaxy S8 dan 3.500 mAh pada Galaxy S8+.