Gadget

Review Smartphone Advan G1 Dengan Jagoan Lensa Largan Terbaru

Setelah kehadirannya sempat tertunda semenjak September 2016, kesudahannya smartphone Advan G1 sah beredar di Indonesia. Apa saja yang ditawarkan smartphone premium brand lokal ini?

Advan G1 adalahmodel premium salah satu jajaran ponsel Advan. Dibanderol Rp2,3 juta, G1 menjadi handset termahal di etalase vendor. Sejak digaungkan tahun lalu, Advan mengklaim G1 akan setangguh iPhone. Perusahaan mengandalkan fitur smart camera dan profesional sound.

Dengan smart camera ini pemakai tidak memerlukan software pihak ketiga lagi guna mengolah potret hasil jepretannya. Dalam software olah potret tersebut Advan pun menyediakan sekian banyak template background guna memperindah tampilan foto.

Smartphone dilengkapi dengan kamera belakang 13 megapiksel dan kamera depan 8 megapiksel. Tidak melulu itu, supaya bisa menghasilkan kualitas jepretan kamera yang lebih bagus, Advan sengaja memakai lensa kamera Largan. Lensa ini dianggap sebagai kelompok lensa ruang belajar premium yang diproduksi oleh Largan Precision, salah produsen lensa ruang belajar dunia.

Untuk fitur profesional soundnya, Advan menyerahkan kualitas suara mumpuni. Bahkan bila dikomparasikan dengan kualitas suara yang didapatkan iPhone, profesional sound yang ditawarkan G1 dapat diacungi jempol. Sayangnya Advan tidak melafalkan vendor mana yang digunakan dalam menghadirkan fitur ini.

Smartphone mengupayakan tampil anggun dengan mendesain bodinya memakai bahan metal dengan tingkat presisi yang tinggi. Tidak tak sempat di unsur belakangnya dicantumkan sensor fingerprint yang dapat digunakan untuk sekian banyak keperluan.

Untuk kinerjanya, smartphone bersistem operasi Android 6.0 Marsmallow disokong prosesor Quad-core berkecepatan 1 GHz. Dikawinkan dengan kenangan RAM besar 3GB dan internal storage 16GB, menciptakan Advan G1 tetap dapat memperlihatkan kinerja yang dapat diandalkan, khususnya dalam mengeksekusi multitasking.

Gambaran kekuatan hardware dari Advan G1 paling tidak dapat diukur menggunakan sejumlah skor benchmark (AnTuTu, GeekBench, 3DMark, dll). Terlihat dari skor AnTuTu, saat diuji, G1 tertera angka 20 ribuan, yang dengan kata lain cukup standar guna ukuran smartphone di kelasnya.

Unibody Logam
Sejak kesatu kali memegang, Advan G1 paling kentara sebagai model premium. Sepintas terlihat serupa seperti desain iPhone 6. Kerangkanya tercipta dari material kokoh namun tetap elegan. Empat sudut tumpulnya melekuk sempurna, sampai-sampai menempel pas di tangan.

Tren sejumlah tahun ini konsumen memilih smartphone tipis dan ringan. Guna mengisi harapan konsumen, produsen ramai-ramai memproduksi smartphone dengan cover body plastik. Namun, cover plastik menuai kekurangan rentan pecah dan terkesan tidak cukup premium. Berbeda dengan Advan G1, yang memakai bahan metal yang tidak gampang pecah.

Pada unsur muka, smartphone didominasi dengan layar HD 5.0 inci dan di atasnya ada lensa kamera 8MP, lubang speaker, dan sensor proximity. Di unsur kiri bodi ada slot SIM card yang menampung dua kartu SIM 4G LTE. Sementara di unsur kanan bodi, tersemat tombol power dan volume.

Beralih ke bawah bodi, ditemukan port micro USB untuk memenuhi daya baterai smartphone atau mentransfer data. Sedangkan di atas bodinya, tertanam port audio jack 3,5 mm guna menancapkan headphone saat memperhatikan musik atau merasakan konten multimedia. Di belakang bodi handset, ditemukan lensa kamera utama beresolusi 13MP, pemindai sidik jari, dan speaker internal.

Lensa Largan
Untuk hal fotografi, Advan memakai Lensa Largan, laksana yang dipakai oleh iPhone, dengan kapasitas 13MP. Sementara kamera depan 8MP. Lensa yang dikembangkan Largan mempunyai aperture f/2.0 guna kamera belakang dan f/2.2 guna kamera depan, sehingga dapat meningkatkan sensitivitas cahaya rendah.

Dengan begitu, hasil penangkapan gambar tetap berbobot | berbobot | berkualitas dan tajam. Brand nasional Advan meyakini Lensa Largan untuk menyokong sentivitas dan ketajaman di G1 sehingga dapat menangkap obyek low light dengan fitur Low Light Mode. Kedua kamera pun sudah dilengkapi dengan lampu flash.

Di samping itu, Advan G1 pun dilengkapi dengan pelbagai fitur kamera andalan. Pengguna Advan G1 juga dapat menikmati quick shoot, yakni lumayan dengan memakai fingerprint atau menggoyangkan smartphone guna mengoperasikan jepretan kamera.

Kinerja
Bukan melulu desain premium, Advan G1 pun menawarkan hardware menggoda. Smartphone dibekali chipset Mediatek 8735P. Chip ini memang masuk dalam kategori irit daya (low power consumption), yang mana digabungkan dengan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow (64-bit) bisa menghasilkan skema penghematan daya yang apik. Sayangnya dari segi kecepatan (clock-speed) CPU quad-core ini terdaftar biasa, relatif standar di 1.0GHz.

Kombinasi hardware tersebut lantas ditandem dengan RAM 3GB dan kenangan internal 16GB yang bakal semakin menyokong kinerja menjadi lebih optimal dan responsif tergolong untuk kinerja secara multitasking.

Menariknya lagi, Advan G1 ini pun telah meluangkan grafis terbaik melewati GPU Mali-T720. Hal ini pasti menjadi pesona tersendiri untuk pecinta game. Kartu pengolah grafis ini mampu menyajikan visualisasi dengan kualitas yang paling bagus untuk suatu smartphone ruang belajar menengah.

Bahkan untuk disuruh bermain game berat (HD) laksana adu pacu mobil “Asphalt 8: Airborne”, tak ditemukan kendala, relatif lancar. Sedangkan guna daya tahan hidupnya, Advan G1 menggantungkan pada baterai berkapasitas 2.600 mAh.

Fitur Khusus
Advan G1 ini adalahyang kesatu dilengkapi pemindai sidik jari (sensor fingerprint). Tentu saja di sini privasi dan ketenteraman data yang terdapat di ponsel lebih terlindungi. Ponsel ini juga mempunyai toko software mandiri “Advan Store”, yang tentunya meluangkan aplikasi/game yang cocok dengan keperluan para pemakai ponsel Advan.

Smartphone ini pun dibenami software FreeShare, yang bermanfaat untuk transfer file secara cepat. Termasuk guna meng-kloning isi ponsel satu ke ponsel Advan lainnya. Bisa pula guna mengirim dan menerima file dari perlengkapan iPhone.

Fasilitas kontrol gestur juga ada di Advan G1. Ini ialah cara cepat guna akses cepat ke fitur/aplikasi tertentu di ponsel. Misal klik dua kali guna membangunkan ponsel (dari posisi layar mati stanby), menyebutkan huruf “m” guna masuk ke fitur Musik, menyebutkan di layar huruf “o” guna akses ke kamera, dan lainnya.

Brief Spec
Design Bar Fully Touchscreen
Screen 5.0 inch 720x1080p
Camera 13MP + 8MP
RAM/Storage 3GB / 16GB
Frequency 2G/3G/4G
Processor Quad-Core 64-bit 1.0GHz Mediatek MT8735P
Feature Fingerprint
Battery 2600 mAh

Value for Money
Menargetkan kalangan profesional penyuka gaya, Advan G1 ditawarkan dengan harga Rp2,3 juta. Menawarkan kombinasi teknologi Lensa Largan, desain anggun dan harga terjangkau menciptakan pemakainya dapat mendapatkan potret sempurna di pelbagai kondisi pencahayaan.

Advan G1 dilengkapi dengan kamera utama 13 MP F/2.0 dengan lensa Largan serta sensor berteknologi ISOCELL. Sedangkan kamera depan dilengkapi kamera beresolusi 8 MP, yang lumayan nyaman untuk dipakai mengabadikan potret selfie.