Gadget

Review Smartphone Asus Zenfone 3 Max ZC553KL Dengan Spesifikasi Lebih Tinggi

Belum lama ini Asus sudah menerbitkan smartphone teranyar seri Zenfone 3 yang mengandalkan daya tahan baterai lebih lama, yakni Asus Zenfone 3 Max ZC520TL. Tidak berselang lama, Asus pulang merilis smartphone yang sama namun denga tipe yang berbeda, yakni Asus Zenfone 3 Max ZC553KL. Apa bedanya ?

Dari sisi desain, tidak terdapat perbedaan antara kedua tipe Asus Zenfone 3 Max. Keduanya sama-sama berdesain unibody. Yang berarti unsur belakangnya tidak dapat dilepas, sebab sudah menyatu dengan bodi. Dari mulai sisi pinggir hingga tengah, badan perangkat diblokir dengan material metal yang membuatnya tampil elegan. Kecuali unsur atas bawah yang masih menggunakan bahan plastik gabungan namun dengan kesan metal senada.

Asus menyederhanakan desain Zenfone 3 Max dengan meniadakan tombol navigasi jasmani yang semula terdapat di Zenfone Max generasi awal. Navigasi dilaksanakan lewat tombol virtual kepunyaan Android. Tombol power dan volume tetap sedang di samping. Sementara unsur belakang bertengger kamera dan sensor sidik jari yang dapat dipakai guna membuka menyelamatkan akses ke perlengkapan atau menggiatkan kamera.

Sekarang, guna memasukkan kartu SIM dan kartu kenangan pemakai harus berbekal besi penusuk laksana klip kertas atau sejenisnya. Itu guna membuka slot kartu yang muat dipasangi 1 kartu SIM mikro dan 1 kartu SIM nano. Ya, Zenfone 3 Max menyokong 2 kartu SIM. Keduanya dapat dipakai di jaringan 3G dan 4G. Tapi, bila mau mencantumkan kartu kenangan micro SD maka kartu SIM ke-2 mesti dikorbankan (tidak dipakai) sebab mereka menduduki slot yang sama.

Mengikuti tren desain ketika ini Zenfone 3 Max pun menampilkan desain layar 2.5D. Di mana pada unsur pinggi layarnya ada tidak banyak lengkungan. Ditambah mempunyai desain slim bezel (2.25mm)

Meski berdesain sama, namun antara Zenfone 3 Max tipe ZC520TL dan ZC553KL mempunyai perbedaan ukuran dimensi dan bobot. Zenfone 3 Max tipe ZC520TL berdimensi 149.5 x 73.7 x 8.55 mm dengan berat 160 grams. Sedangkan Zenfone 3 Max tipe ZC553KL mempunyai ukuran bodi agak lebih besar, yakni 151.4 x 76.24 x 8.3 mm dan bermutu 175 grams

Layar

Perbedaan ukuran bodi pun berimbas pada dimensi layar. Asus Zenfone 3 Max ZC520TL mempunyai layar sentuh IPS berukuran 5,2 inci berresolusi HD (1280 x 720 pixels) dengan 75% screen-to-body ratio attau menutupi 75% lokasi depan. Sedangkan Zenfone 3 Max ZC553KL berlayar IPS 5,5 inchi dengan resolusi FHD (1920 x 1080 pixels) dan 77.5% screen-to-body ratio.

Penggunaan layar berteknologi In-Plane Switching (IPS) dapat memreproduksi warna tetap baik ketika layar disaksikan dari sekian banyak sudut. Layar IPS ini pun dilengkapi dengan LED berkekuatan 400nits. Fungsinya guna meyakinkan layar tetap nyaman disaksikan meskipun berada di situasi terang, laksana di bawah penyampaian sinar matahari terik.

Dengan resolusi Full HD layar smartphone ini lumayan baik saat disuruh memutar film atau menyaksikan gambar dengan warna-warna cerah. Layar Zenfone 3 Max dapat merespon sentuhan hingga 10 titik secara simultan. Tidak melulu itu, layar ini pun sudah dapat merespon sentuhan tangan saat menggunakan sarung tangan.

Baterai Besar

Mengusung kata ‘Max’ besarnya kapasitas di smartphone ini menjadi di antara unggulannya. Zenfone 3 Max muncul dengan kapasitas baterai 4100mAh, dengan kapasitas ini Zenfone 3 Max dianggap mempunyai waktu siaga di jaringan 4G hingga 38 hari, masa-masa bicara hingga 17 jam di jaringan 3G, bertahan 19 jam guna web browsing via Wifi dam 72 jam masa-masa memutar musik.

Canggihnya lagi, smartphone ini pun dilengkapi dengan fitur Super Saving Mode. Fungsinya guna memaksimalkan kapasitas baterai. Jadi saat fitur ini diaktifkan, maka smartphone secara otomatis bakal menghemat pemakaian baterai dengan menonaktifkan berbagai kegiatan yang dirasa tidak butuh dan menghabiskan baterai. Ini terutama saat baterai telah dalam kondisi nyaris sekarat. Yaitu selama 10%.

Besarnya kapasitas baterai di smartphone ini pun dimanfaatkan guna menghadirkan faedah power bank. Untuk dapat menyulap Zenfone 3 Max menjadi power bank, kita perlu sambungan USB OTG yang dihubungkan ke smartphone yang akan dipenuhi ulang memakai kabel data USB. Untungnya, ASUS pun menyediakan sambungan USB OTG dalam kemasan boks ASUS ZenFone 3 Max.

Kamera

Perbedaan beda antara Zenfone 3 Max tipe ZC520TL dan ZC553KL terdapat pada kekuatan kamera. Zenfone 3 Max tipe ZC520TL dilengkapi kamera belakang 13 megapiksel dan 5 megapiksel di kamera depan. Sedangkan Zenfone 3 Max ZC553KL mempunyai kamera belakang 16 Megapiksel dan kamera depan 8 megapiksel.

Meski bertolak belakang resolusi, tetapi kamera di kedua tipe Zenfone 3 Max ini sama-sama dibekali dengan fitur kamera yang sama baiknya. Antara beda fitur PixelMaster 3.0. Fitur ini memberikan tidak sedikit mode pemotretan, yakni Mode Otomatis (Auto), Mode High Dynamic Range (HDR), Mode Beautification, Mode Super Resolution, Mode QR Code, Mode Low Light, Mode Night, Mode Selfie, Mode Panorama, Mode Time Lapse dan.

Untuk merekam video, pemakai Zenfone 3 Max dapat merekam video berformat Full HD (1920 x 1080) dengan 30 frame per detik. Saat merekam dengan kamera belakang, pemakai diberi opsi untuk dapat mengaktifkan image stabilizer untuk meminimalisir guncangan terhadap hasil video akhir. Ada pun kemampuan pemungutan gambar still (foto) ketika kamera sedang merekam video. Hal ini cukup bermanfaat utamanya untuk mereka yang hendak membekukan momen ketika sedang merekam tanpa perlu berpindah ke mode still camera.

Kinerja

Untuk dapur pacunya, ternyata pun ada perbedaan antara Zenfone 3 Max ZC520TL dan ZC553KL. Zenfone 3 Max ZC520TL mengangkat prosesor MediaTek MT6735 Quadcore dengan kecepatan maksimal 1,3 GHz. Sedangkan Zenfone 3 Max ZC553KL dibekali prosesor Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430 Octa-core berkecepatan 1.4 GHz. Bagi prosesor grafisnya Zenfone 3 Max ZC520TL memakai Mali T720. Sedangkan Zenfone 3 Max ZC553KL mengandalkan Adreno 505.

RAMnya sendiri Zenfone 3 Max ZC520TL terdapat dalam opsi 2 GB dan 3GB. Sedangkan Zenfone 3 Max ZC553KL terdapat dalam opsi RAM 3 GB. Soal kapasitas penyimpanan, Zenfone 3 Max ZC520TL terdapat dalam dua opsi kapasitas kenangan internal, yakni 32GB / 16GB. Sedangkan Zenfone 3 Max ZC553KL melulu tersedia dalam opsi 32 GB.

Kedua tipe ini pun sudah ditambahi dengan slot kenangan eksternal yang mendukung sampai kapasitas 256 GB. Tidak melulu itu, Asus pun memberikan kapasitas sebesar 5GB ASUS Webstorage + Google Drive 100GB free (2 years) sebagai penyimpanan berbasis cloud.

Ketika diusahakan mengukur kinerja smartphone ini, pengukuran menggunakan software AnTuTu Benchmark didapatkan hasil 44152. Sedangkan menggunakan software GeekBench didapatkan hasil 642 guna single core dan 2054 guna multicore.