Gadget

Review Smartphone Oppo A39 Dengan Jagokan Kamera Selfie dan Harga Yang Murah

Oppo memang lebih menjagokan smartphone tipe F1s, yang sampai kini masih dipertahankan ketenarannya. Namun di sela-sela itu, ternyata Oppo menerbitkan smartphone teranyar lainnya, yakni Oppo A39. Tipe yang satu ini tampaknya sengaja dihadirkan untuk memenuhi kekosongan produk guna pangsa pasar yang bukan menjadi sasaran F1s. Oppo A39 masih menjagokan kamera selfie, smartphone ini dipasarkan lebih terjangkau, yakni Rp 2.799.000.

Desain Oppo A39 terlihat serupa dengan F1s. Kualitas yang dipakai pada bodinya pun sama, yakni magnesium aluminium alloy. Ini menciptakan tampilan A39 tidak kalah elegan. Persamaan lainnya yakni desain unibodi yang juga diangkat A39. Smartphone ini pun menerapkan desain layar masa kini, yakni dengan tampilan 2,5D. Layarnya sendiri berukuran 5,2 inci yang berlapiskan perlindungan dari Corning® Gorilla® Glass 4.

Tampilan layar atau user interface yang diangkut Oppo A39 tidak bertolak belakang dengan yang tampak di F1s. Masih tampak tampilan khas smartphone Oppo dan lain dari banyak sekali smartphone Android lainnya. User interface tampak clean di mana barisan ikon menu telah tampil di depan atau menjadi unsur dari homescreen.Oppo A39 sendiri mengadopsi OS Android 5.1 Lollipop yang dipercantik dengan kustomisasi ColorOS 3.0. Tingkat responsibilitas smartphone ini ketika mengakses sekian banyak menu pun terbilang baik.

Kamera Selfie

Oppo A39 membawa kamera selfie dengan sensor besar ¼-inch dengan 1.4 um pixel. Dengan sensor sebesar ini menciptakan sensitifitas cahaya yang lebih dan tingkat noise yang rendah. Jadi dapat menghasilkan gambar yang tajam dalam mode potret dan video.

Namun kamera depan Oppo A39 tidak dibekali dengan LED flash. Tapi tidak boleh khawatir andai sedang memotret di situasi yang minim cahaya, redup atau pada malam hari. Sebagai gantinya, Oppo A39 meluangkan fitur penyinaran yang berasal dari layar. Yaitu melewati fitur ‘Screen Flash’ di mana cahaya layar bakal menyala lebih terang ketika memotret. Namun tetap saja tidak bakal menyamai terangnya LED flash. Oppo tidak lupa menenggelamkan teknologi Beautify 4.0. Ini bermanfaat untuk yang hendak tampilan wajahnya tampak lebih halus dan cantik.

Kamera Utama

Untuk kamera utama, A39 membawa kamera 13 megapiksel. Kamera ini didukung keterampilan 1.12µm dengan sensor 1/3.06 inci yang dapat menyerap cahaya lebih tidak sedikit masuk ke hasil jepretan. Ada pun fitur ultra high definition (UHD) yang bisa menghasilkan gambar sebesar 50 megapixel.

Tidak ketinggalan sejumlah fitur penyokong sudah disediakan. Seperti mode HDR untuk menolong saat situasi cahaya redup atau backlight, sehingga menciptakan tampilan potret tidak terlampau gelap. Tak melulu itu, kamera utama pun disokong sejumlah pilihan filter dan pattern, yang dapat mengkreasikan hasil potret lebih beda. Ada pun fitur Expert untuk pemakai yang mencoba keterampilan fotografinya lewat lewat penataan manual.

Dual SIM 4G LTE

Sama seperti banyak sekali smartphone ketika ini Oppo A39 pun mengusung dua slot SIM card yang dapat mengaktifkan dua simcard sekaligus. Asyiknya lagi ternyata kedua slot SIM ini telah support jaringan 4G LTE. Apalagi pun sudah menyokong semua frekuensi 4G yang disediakan oleh operator seluler Indonesia. Mulai dari Indosat, Telkomsel, XL, Tri , Smartfren dan Bolt. Dan saat dicoba, keterampilan menangkap sinyal 4G pun terbilang baik, meski pun tergantung kekuatan sinyal operator.

Karena berdesain unibodi, slot simcard ditaruh di bodi luar alias bukan dibalik baterai, tepatnya di sisi samping. Nah, terdapat yang lain dari slot simcard di A39. Biasanya di sejumlah smartphone dua slot simcard, satu slotnya juga dapat dimanfaatkan untuk menyimak MicroSD (Hybrid). Tapi di sini disediakan triple-slot. Jadi terdapat dua slot SIM card dan satu slot kartu microSD atau kenangan eksternal.

Performa

Untuk menunjang performanya dalam menjalankan sekian banyak aplikasi, A39 dibekali prosesor MediaTek MT6570 64 bit Octa-core 1.5GHz 64-bit. Kemampuan prosesor ini dapat dikatakan seimbang dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 400/410. Tidak ketinggalan disediakan RAM sebesar 3GB yang turut menyokong kinerja.

Sementara tersebut untuk menyimpan sekian banyak macam file, Oppo meluangkan ruang kenangan internal sebesar 32GB. Serta tambahan kenangan eksternal MicroSD sampai 256 GB. Bagi daya tahan hidupnya, Oppo A39 disokong baterai berkapasitas 2900 mAh. Ditambah fitur Smart power-optimization yang dapat mengoptimalisasi kerja prosessor, sistem operasi dan baterai sampai-sampai smartphone ini dapat bertahan lebih lama. Katanya dapat bertahan sekitar 10 jam untuk pemakaian standar.