Gadget

Review Smartphone Samsung Galaxy A5 Dengan Sertifikasi IP68

Produsen smartphone asal Korea, Samsung baru saja resmi memberitahukan seri Galaxy A teranyar edisi 2017. Smartphone penerus generasi sebelumnya ini sekarang datang dengan spesifikasi yang lebih baik dan telah mengantongi sertifikasi IP68. Dan kali ini Selular bakal me-review salah satunya yakni, Galaxy A5 2017, Bagaimana kemampuannya?

Dimensi

Samsung Galaxy A5 mempunyai ukuran yang sedang bila dikomparasikan kedua saudara lainnya. Namn begitu smartphone ini terasa pas untuk cengkeraman orang asia. Memiliki format yang sangat serupa dengan smartphone Apple iPhone 7, smartphone ini nampak kokoh dengan balutan warna hitam glossy. Namun sayangnya dikomparasikan dengan pendahulunya Galaxy A5 2016, dari sisi material smartphone ini menurunkan kualitasnya. Jika sebelumnya dibungkus dengan kekuasaan material logam kini, Samsung lebih tidak sedikit menggunakan material plastik pada bodinya.

Pada unsur depan smartphone dengan layar 5,2 inci ini nampak sesuai untuk pemakai pria, mungkin sebab warna hitam dof yang nampak kelihatan macho. Dibawah layar, terdapat tombol jasmani yang didalamnya tenggelam pemindai sidik jari. Saat diusahakan pemindai ini lumayan responsif. Karena ketika sidik jari ditempelkan,layar langsung tersingkap dengan cepat. Dibelakang bodi terdapat kamera belakang yang ditemani dengan lampu LED flash. Pada unsur beakang bodi, Samsung membuatnya melengkung kedepan, format yang ergonomis berikut yang memudahkan pemakai ketika memegangnya.

Seperti pada smartphone flagship banyak sekali saat ini, Samsung Galaxy A5 2017 memakai konsep unibody sampai-sampai baterai yang digunakannya juga tidak dapat di bongkar pasang. Samsung menanam slot SIM card tray dan slot MidroUSB pada sebelah atas bodi. Pada bagian itu yang biasaya terdapat port3,5mm, sekarang tidak agi, sebab sudah dialihkan pada unsur bawah bareng dengan port guna kabel data yang sekarang sudah diganti dengan memakai USB Type-C. Disebelah kanan terdapat tombol power dan lubang speaker phone, sementara pada sisi kebalikannya akan ditemukan tombol volume rocker.tidak lumayan dengan satu SIM Tray, Samsung menanam Slot SIM card kedua yang terdapat disebelah kiri.

IP68

Salah satu kelebihan yang tidak dipunyai oleh versi sebelumnya di Samsung Galaxy A5 2017 ini ialah kemampuan daya tahannya terhadap air dan debu. Mengantongi sertifikat IP68, Samsung mengklaim bahwa handset tahan percikan air bahkan disuruh berenang diair tawar serta memiliki keawetan yang lebih baik terhadap gempuran debu.

Melihat bodinya yang lumayan kokoh dan keterampilan daya tahannya memang tadinya sulit dipercaya, menyaksikan pada sebelah kanan Samsung menciptakan speakerphone dengan lubang yang cuku besar. Namun setelah dilaksanakan pengetesan, Smartphone ini memang benar-benar tahan terhadap air.

Layar

Untuk layar, Galaxy A5 didukung dengan tampilan layar 2 FHD Super AMOLED. Dnegan resolusi ini maka Samsung telah membetulkan kualitas layar dari seri sebelumnya yang melulu mempunyai resolusi HD saja. Dengan resolusi ini, maka tampilan yang diancarkan dari layar tampak nyaman dimata dan paling halus.

Tidak melulu itu layar jenis ini pun terkenal dengan keterampilan pancaran cahayannya yang terang namun pekat pada warna hitam, sampai-sampai tampilannya terbilang paling bagus. Gambar pada layar nampak bening dan tajam, baik tersebut pada artikel atau gambar yang dihasilkan. Selain tersebut kontras dan saturasi warnanya masih paling baik, baik saat dipakai langsung di bawah sinar matahari.

Berjalan diatas Android 6.0.1 Marshmallow, laksana pada smartphone Samsung lainnya, Galaxy A5 2017 ini pun menggunakan interface TouchWiz UI di atasnya. Untuk menolong kenyamanan layar, Samsung menenggelamkan Blue Filter Light, ini bermanfaat untuk meminimalisir cahaya biru pada layar. Lalu Samsung pun masih menambahkan fitur Always On, sampai-sampai notifikasi dan informasi pada smartphone masih dapat disaksikan meski dalam suasana standby atau layar lock.

Kamera

Berbeda dengan versi pendahulunya yang melulu menggunakan kamera utama 13 MP, sekarang Galaxy A5 2017 telah mempunyai kamera dengan resolusi 16 MP, aperture f/1.9, 27mm. Kamera ini telah dibekali dengan fitur autofocus dan lampu LED flash. Dengan kamera ini pemakainya dapat memungut gambar dnegan resolusi maksimal 4608x3456pixel. Sayangnya pada resolusi tersebut melulu akan menghasilkan gambar dengan rasio 4:3. Sedangkan menemukan rasio 16:9 resolusi hanya dapat maksimal di 12MP (4608x2592pixel). Didalamnya pemakai pun masih bisa menggunakan sejumlah fitur lainnya laksana Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR dan sejumlah efek.

Beralih pada kamera depan yang, andai sebelumnya melulu menggunakan resolusi kamera 5 MP, sekarang secara signifikan telah diupgrade menjadi 16 MP. Pada kamera ini pemakai yang suka melakukan potret selfie bakal dimanjakan dnegan adanya kemudahan beauty guna mempercantik wajah.

Penggunaan menu dan pengatuan kamera pun sangat gampang diakses sebab pemakai gampang tinggal menggeser layar kekiri dan kanan pada viewfinder ketika fitur kamera telah aktif. Untuk memungut gambar tidak melulu dpaat dilaksanakan melalui layar, tombol volume down pun dapat dipakai sebagai tombol shutter.

Hasil potret baik melewati kamera belakang maupun kamera depan lumayan terang dan jelas. Tidak melulu itu, proses pemungutan gambar pun terbilang cepat baik proses autofocus maupun penangkapan kamera. Jika kamu mengambil kamera dengan tombol volume down, kamu dapat mengambil sejumlah foto sekaligus ketika menekannya agak lama, dengan begitu kamu dapat memilih hasil potret yang lebih baik dari sejumlah foto yang diambil.

Performa

Dari sisi perfoma, Samsung pun menjaga smartphone seri ini dengan prosesor yang lebih baik dari pendahulunya. Meski sebelumnya pun menggunakan prosesor dengan 8 inti prosesor, namun sekarang Samsung memberikan keterampilan yang lebih baik dnegan kecepatan 1,9Ghz terdapat etiap inti proseesornya. Didukung dengan GPU Mali-T830, maka masing-masing proses baik menjalankan software berat atau game 3D sekalipun bisa dijalankan dengan fasih dan mudah.

Tidak melulu kecepatan prosesor yang tambah kecang, kapasitas kenangan RAM pun lebih besar menjadi 3GB, dikomparasikan pendahulunya yang melulu 2GB. Dengan kapasitas sebesar ini maka menjalankan banyak software sekaligus pun tidak terdapat masalah.

Dari sisi kapasitas baterai Galaxy A5 2017 memang lebih baik dikomparasikan pendahulunya, namun keterampilan daya tahannya tidak begitu signifikan. Karena melulu menambahkan 3000mAh dikomparasikan seri pendahulunya 2900 mAh. Berkat teknologi built-in Fast Charging, laksana yang terdapat di Galaxy S6 dan S6 Edge. Dalam pengujian, baterai A5 terisi 50% melulu dalam durasi pengisian 30 menit.

Apalagi Samsung galaxy A5 2017 pun masih menenggelamkan fitur splitscren dengan menjalankan dua software yang berlangsung bersamaan pun makin mulus. Bagi menjalankannya pemakai tinggal mengurangi yang agak lama pada tombol sentuh recent apps. Dengan begitu software yang bakal berjalan bakal menjadi separuh layar dan siap guna menjalankan kegiatan lainnya.

Saat dilaksanakan pengujian dnegan menggunakan software benchmark AnTuTu, Galaxy A5 dapat mendapatkan skor 60 ribu-an, sehingga dapat menandingi smartphone sekelas Moto Z Play atau Asus Zenfone 3. Tidak melulu itu, game 3D racing sekelas Asphalt8:Airborne pun dapat dimainkan dengan lancar.