Gadget

Review Smartphone Xiaomi Redmi 4A Dengan Design Yang Manis

Setelah sempat tenggelam sebab terhadang aturan TKDN (tingkat kandung dalam negeri), Xiaomi akhirnya hadir lagi. Dibantu salah satu penyalur smartphone Tanah Air, Xioami akhirnya dapat memenuhi persyaratan TKDN dan mendapat izin untuk menjual smartphone 4G-nya. Salah satunya yakni Xioami 4A.

Vendor yang baru saja ditinggalkan oleh Vice Presiden-nya, Hugo Barra, ini masih merealisasikan strategi yang sama. Yaitu lebih menyasar smartphone di level harga terjangkau. Ada dua tipe smartphone teranyar yang diluncurkan, yakni Xiaomi Redmi 3s dan 4A. Kali ini bakal direview Xiaomi Redmi 4A yang dibandrol ekuivalen Rp 1,4 juta.

Pertama kali yang dialami saat memegang smartphone ini, yakni bobotnya yang terasa ringan dikomparasikan smartphone kebanyakan. Ukuran bodinya juga terasa nyaman digenggam, sebab tidak terlampau bongsor. Bagi ukuran ketebalannya, terasa biasa saja alias tidak tipis, tepatnya berukuran 8,5 mm.

Bodinya sendiri tercipta dari bahan plastik, mungkin tersebut sebabnya smartphone ini terasa enteng digenggam. Redmi 4A mengangkat desain unibodi mengekor tren smartphone zaman sekarang. Yang berarti unsur baterainya tidak dapat dicopot. Serta slot simcard dan Micro SD dicantumkan di bodi luar, tepatnya di samping kiri. Di samping sebelahnya ditaruh tombol volume dan on/off. Sedangkan di sisi bawah terdapat port Micro USB guna kabel data dan charger. Dan di bodi atas ada lubang jack 3,5 mm guna masukkan earphone atau headset. Bagi navigasi menu, ditolong tiga tombol touchpad di bawa layar, yakni Back, Home dan Recent.

Layar

Xiaomi Redmi 4A mengangkat layar sentuh berukuran diagonal 5 inci. Tampilan layar mempunyai resolusi HD (720×1280 piksel) dan maksimal 294 dpi. Gambar yang tampil terlihat lumayan tajam. Saat berada dibawah sinar matahari, tampilan layar masih tampak jelas dengan penataan kecerahan full.

Xiaomi Redmi 4A mengadopsi sistem operasi Android Marshmallow. Tapi bertolak belakang dengan smartphone lainnya, Xiaomi mengkustomisasi tampilan antar muka (user interface) dengan ciri khasnya sendiri yakni MIUI versi 8. Saat sedang mengeksplor sekian banyak menu, user interface ini terasa lain dari banyak sekali tampilan Android. Namun terasa serupa dengan UI yang terdapat di smartphone Oppo. Salah satu cirinya yaitu sekian banyak ikon menu langsung tampil di depan, jadi tidak terdapat ikon Menu. MIUI ini meluangkan pilihan theme dan wallpaper yang dapat diinstal gratis.

Performa

Untuk menyokong kinerjanya, smartphone ini mengandalkan prosesor Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425 Quad-core 1.4GHz Cortex-A53. Juga digabungkan dengan RAM berkapasitas 2 GB. Bagi menyimpan sekian banyak jenis file, disediakan ruang penyimpanan kenangan internal sebesar 16GB. Jika masih terasa kurang, dapat ditambahkan kartu kenangan di slot kartu microSD eksternal yang menyokong 256GB.

Untuk tampilan grafisnya, dicantumkan GPU Adreno 308. Ketika diusahakan untuk memainkan game berresolusi HD tergolong game 3D, sejumlah kali terasa tersendat. Bagi daya tahan hidupnya, Xiaomi Redmi 4A dibekali dengan baterai lithium ion 3.120mAh. Kapasitas baterai ini dinilai mencukupi untuk menyokong pemakaian smartphone ini seharian penuh.

Multimedia

Smartphone ini tidak lupa membawa fitur multimedia sebagai sarana hiburan. Diantaranya yaitu software pemutar musik dan pemutar video. Namun sayangnya kedua software ini termasuk standar alias biasa saja. Bagi kualitas suara yang terbit dari speaker di bodi bawah unsur belakang, terdengar lumayan bagus dengan sokongan equalizer bila memakai earset.

Yang menarik, fitur pemutar musik di smartphone ini dapat dikoneksikan dengan akun Mi Account. Selain tersebut ada pun fitur FM radio, yang lagi-lagi kemudahan yang disediakan terbilang standar. Apalagi ternyata smartphone ini tidak menyertakan earset bawaan, yang menjadi kriteria supaya bisa menggiatkan FM Radio, dengan teknik menancapkannya. Bagi kameranya, smartphone ini membawa kamera 13 Megapiksel di bodi belakang dan kamera 5 Megapiskel sebaagai kamera selfie.

Saat memakai kamera belakang, smartphone ini menyertakan sejumlah mode pemotretan. Antara beda : Panorama, Timer, Audio, Manual, Straighten, Beautify, HHT dan Scene.

Fitur Lainnya

Xiaomi Redmi 4A tidak tak sempat menyertakan sekian banyak fitur bawaan Google, yang telah menjadi default untuk smartphone Android. Mulai dari Gmail, Maps, YouTube, Chrome, Photos, Hangouts, Drive, Play Music, Play Video sampai Voice Search.

Di samping itu, ternyata smartphone ini pun membawa sejumlah fitur beda yang lumayan menarik. Seperti Mi Remote, yang memungkinkan smartphone ini sebagai perangkat pengendali sekian banyak perangkat lain. Selain tersebut ada pun fitur Scanner yang dapat men-scan : QR Code, kartu nama dan dokumen lainnya.

Kesimpulan : Bagi ukuran smartphone harga tercapai , yakni di kisaran Rp 1 jutaan, Xiaomi Redmi 4A dapat dikatakan lumayan memadai. Namun tentu tidak boleh menuntut terlampau berlebih bakal performa smartphone ini. Setidaknya smartphone ini dapat digunakan untuk merasakan kecepatan akses 4G LTE.